Mengenal Lebih Dekat Sirkuit Buriram, Thailand

Advertisement

Mengenal Lebih Dekat Sirkuit Buriram, Thailand

Admin Gridrace
05 October 2018

sirkuit buriram thailand
Mendahului Indonesia, sejak Agustus lalu Thailand sudah resmi menjadi salah satu kalender seri MotoGP 2018. Thailand akan berperan sebagai tuan rumah pada 7 Oktober 2018, sesudah GP Aragon dan sebelum GP Jepang. Sirkuit yang digunakan adalah Buriram United International Circuit (BRIC) atau yang juga dikenal dengan nama Chang International Circuit. Lokasi sirkuit terletak di Buriram, sekitar 400 km dari Bangkok yang bisa ditempuh lewat darat selama 5 jam tanpa berhenti atau sekitar 50 menit dengan pesawat.

Nantinya, sirkuit yang digunakan adalah Buriram United International Circuit (BRIC). Lintasan yang biasa disebut dengan Chang International Circuit ini berjarak 400 km dari Bangkok.

BRIC dibangun pada 2013 dirangcang oleh Hermann Tilke, perancang sirkuit Moto GP ternama dan dinisiasi oleh Newin Chidchob, seorang mantan menteri sekaligus pemilik klub sepakbola Buriram United.Dana yang dihabiskan pun tak main-main, mencapai 2 miliar Bath atau setara dengan Rp740 miliar.

Sirkuit dengan trek sepanjang 4.5554 meter serta 12 tikungan ini mampu menampung penonton sejumlah 50.000 orang. Selain itu, BRIC juga telah memperoleh sertifikat dari FIA (Federation Internationale de l'Automobile) dan FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) sehingga tak mustahil untuk menyelenggarakan ajang sekelas Moto GP.
sirkuit buriram thailand

Bangunan utamanya adalah grandstand yang bisa menampung 50.000 penonton. Selain itu ada juga tiga bangunan tempat duduk lainnya yang bila ditambah grandstand total kapasitasnya menampung  100.000 orang. Baca: Pesona Gadis Thailand di Sirkuit Buriram Paddock dirancang ada di bawah grandstand jadi memaksimalkan pandangan penonton ke sirkuit, hasilnya adalah latar belakang luas yang ditutupi langit biru. Di belakang bangku penonton adalah ruangan untuk lounge, press room, dan toko souvenir, serta ruangan lainnya pendukung balapan.
sirkuit buriram thailand

Ada enam variasi trek yang tersedia, tiga di antaranya bisa digunakan bersamaan. Sirkuit ini juga bisa menggelar balapan pada malam hari karena pencahayaannya memenuhi standar FIA. Di tengah sirkuit terdapat dua danau buatan yang membantu udara bersirkulasi.

Pembangunan sirkuit selesai pada September 2014 dan mendapat status Grade A dari FIA, itu berarti sudah bisa menggelar balapan F1 dan MotoGP. Sejak diresmikan, BRIC sudah menggelar banyak kejuaraan roda empat dan dua, termasuk Super GT Series, World Superbike, World Supersport, dan FIM Asia Road Racing Champhionship,

sumber : kompas.com